Selasa, 13 November 2012

OPEN SOURCE DI INDUSTRI KREATIF

Posted by

            Penggunaan Open Source di industri kreatif kini sudah menjadi trend. Blender adalah salah satu software 3D animasi Open Source yang dapat di download sebebas mungkin dan dapat dibagikan tanpa bersinggungan dengan Undang-Undang hukum. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Blender yakni; yang pertama software ini didapatkan dengan gratis yakni dengan cara mendownload aplikasinya tanpa mengurangi budget, terutama karena dibandingkan dengan  software lainyang harganya dapat mencapai puluhan juta. Yang kedua yakni semua orang dapat mempelajarinya. Blender merupakan software yang dapat dikembangkan. Ia juga dapat memproduksi film dan mengedit film. Tutorialnya tersedia dengan gratis. Selain itu, terdapat banyak situs gratis yang menyediakan tutorialnya.
        Dengan menggunakan bajakan dari software berbayar, apabila menghasilkan karya dan diketahui oleh pemilik software tersebut, otomatis karya yang dihasilkan nanti dapat diklaim oleh pemilik software yang berbayar tersebut. Namun dengan menggunakan blender, hasil karya yang telah jadi bisa tetap menjadi hasil karya sendiri tanpa dianggap oleh pihak Blender sebagai bajakan.
Dengan adanya interface baru kini user interfacenya sangat nyaman digunakan. Untuk software 3D animasi yang masih sangat populer digunakan yakni blender. Karena Blender merupakan software yang powerfull dan komplit, dan juga pernah di uji coba di Belanda. Blender memiliki file dengan size kecil dan  instalasinya unlimited.
         Sejak tahun 1998 pengenalan Open Source, terdapat beberapa aplikasi yang telah dikembangkan antara lain aplikasi sms, kemudian aplikasi bandwitch monitoring, bandwitch manager, dan aplikasi terkait telekomunikasi yaitu IPPBX yg bernama briker. Briker merupakan distribusi linux dimana ketika di download dan diinstal di komputer, maka komputer dapat berubah menjadi mesin khusus yang melayani layanan komunikasi, seperti layaknya IPPBX yang biasa digunakan orang-orang kantor untuk berkomunikasi antarmeja atau antarlantai dan biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan kolega-koleganya. Aplikasi ini dapat di download di website briker.org.